UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN METODE SOSIODRAMA PADA MATERI PENERAPAN MEMBAYAR PAJAK DI KELAS VIII MTs I’AANATUT THALIBIN KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Main Author: Ika Marlina Juwita,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/10478/1/2010_2010266PIPS-E.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/10478/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaruan dalam peningkatan kereativitas proses pembelajaran IPS Ekonomi di kelas. Dalam kegiatan pembelajaran, guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional. Keadaan tersebut berpotensi menimbulkan kejenuhan, kebosanan serta menurunkan aktivitas siswa dalam belajar. Berdasarkan uraian permasalahan diatas. Melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai innovator pembelajaran. Peningkatan kreativitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di MTs I’aanatuth Thalibin Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs I’aanatut Thalibin, sedangkan Objeknya adalah aktivitas belajar siswa pada materi penerapan membayar pajak dengan menggunakan metode sosiodrama. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode sosiodrama di MTs I’aanatuth Thalibin. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus. Pada siklus pertama, sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar yang menggunakan metode sosiodrama, sehingga dilakukan tindakan dengan memberi motivasi kepada siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran, dengan menerapkan masalah-masalah social yang menarik perhatian siswa serta lebih ber inisiatif dan kreatif mengarahkan siswa agar terlatih dalam sosiodrama. Dalam siklus kedua, siswa sudah mulai memhami pembelajaran dengan metode sosiodrama dan menunjukkan hasil yang memuaskan. Dari hasil observasi, aktivitas siswa meningkat dari 66, 71% menjadi 74, 71%, pada siklus kedua dan meningkatkan lagi menjadi 82% pada siklus ketiga. Dari hasil pelaksanaan siklus pertama, kedua dan ketiga maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi penerapan membayar pajak di kelas VIII MTs I’aanatuth Thalibin Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.