PELAKSANAAN STRATEGI PENGELOMPOKKAN SISWA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-QUR’AN TELUK PIYAI KECAMATAN KUBU KABUPATEN ROKAN HILIR

Main Author: Rudianto,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/10468/1/2010_201003PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/10468/
Daftar Isi:
  • Srtategi adalah suatu set dan prosedur pembelajaran yang di gunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa. Strategi yang penulis maksud adalah cara guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, yang dalam penelitian ini lebih di fokuskan pada strategi pengelompokan siswa yaitu suatu cara mengajar, dimana siswa dalam kelas di pandang sebagai suatu kelompok atau dibagi menjadi beberapa kelompok, mereka bekerja bersama dalam memecahkan masalah, atau melaksanakan tugas tertentu dan berusaha mencapai tujuan pengajaran yang telah ditentukan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif (Perbandingan). Subjek dalam penelitian ini adalah guru Al-qur’an Hadits dan siswa kelas VIIb Sedangkan objeknya adalah pelaksanaan strategi pengelompokan siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Al-qur’an Hadits di MTs Al-qur’an Teluk Piyai kecamatan kubu kabupaten Rohil. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data observasi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi pengelompokkan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Qur’an Teluk Piyai. Hal ini dapat diperoleh dari hasil analisis data penulis tentang pelaksanaan strategi pengelompokkan siswa oleh guru Al-Qur’an Hadits yang mencapai skor persentase sebesar 83% dan analisa tentang motivasi belajar siswa dalam pelajaran Al-Qur’an hadits diperoleh persentase 78%, maka dikategorikan baik sekali/optimal.