PERSIAPAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Peronika Candrawati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/10462/1/2010_2010181PIPS-E.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/10462/
Daftar Isi:
  • Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal sebagai tempat proses belajar mengajar. Siswa yang belajar dilembaga pendidikan memerlukan berbagai persiapan yang merupakan salah satu faktor penunjang bagi keberhasilan siswa. Keberhasilan siswa dalam menyelesaikan studinya dapat diukur dengan diadakannya ujian nasional. Di dalam penelitian ini penulis menemukan permasalahan, yakni: masih ada siswa yang tidak mempunyai buku paket ekonomi, memperhatikan guru ketika menerangkan pelajaran, mengerjakan pekerjaan rumah (PR), mengikuti les/terobosan dengan sungguh-sungguh, hadir dalam proses pembelajaran di sekolah, memiliki buku kumpulan ujian nasional, membawa alat-alat tulis, berminat untuk mengikuti privat atau bimbingan belajar, mampu menjawab soal-soal try-out. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional dan faktor-faktor yang mempengaruhi persiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional pada jurusan IPS mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Untuk mendapatkan data dilapangan, maka penulis menggunakan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriftif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa persiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional pada jurusan IPS mata pelajaran ekonomi tergolong baik dengan persentase 76,25% dan faktor-faktor yang mempengaruh persiapan siswa dalam menghadapi ujian nasional pada jurusan IPS mata pelajaran ekonomi adalah siswa mempersiapkan diri, mengetahui jadwal ujian, siswa belajar rutin setiap hari di rumah, melengkapi catatan yang kurang lengkap dan materi yang kurang, membuat catatan khusus terhadap permasalahan ketika membaca buku, mendiskusikan materi pelajaran, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, mendengarkan dan memperhatikan dengan sungguh-sungguh, kemudian mencatat hal-hal penting ketika guru menerangkan materi pelajaran, siswa memiliki buku persiapan ujian nasional serta buku penunjang lainnya, melakukan evaluasi, mempersiapkan perlengkapan ujian.