PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.A SMP NEGERI 03 BENGKALIS

Main Author: Desi Andriani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1045/1/2011_2011273.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1045/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII.A SMP Negeri 03 Bengkalis setelah diterapkan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.A SMP Negeri 03 Bengkalis pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi?” Dalam penelitian ini subjeknya 28 orang siswa SMP Negeri 03 Bengkalis dan yang menjadi objeknya adalah penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data dari perbandingan antara sebelum dan sesudah tindakan, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII.A SMP Negeri 03 Bengkalis melalui penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT).