PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU
Main Author: | Azimar, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1036/1/2011_201127.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1036/ |
ctrlnum |
1036 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1036/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE 
CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI 
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B 
MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH 
PEKANBARU</title><creator>Azimar, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam 
pelajaran matematika kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru melalui penerapan model 
pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS). Subjek dalam penelitian ini adalah 
siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah 
siswa sebanyak 36 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan 
model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) untuk meningkatkan 
motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. 
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali 
pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan 
kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran 
penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan 
kelas, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan 
refleksi. 
Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini 
dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Hasanah 
Pekanbaru. Rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal pada pertemuan sebelum 
tindakan adalah 35,3%, sedangkan pada siklus I rata-rata motivasi belajar 
matematika siswa meningkat menjadi 45,7%; dan pada siklus II meningkat lagi 
menjadi 71,8%. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa penerapan model 
pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dapat meningkatkan motivasi 
belajar matematika siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru.</description><date>2011-01-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1036/1/2011_201127.pdf</identifier><identifier> Azimar, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1036</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Azimar, |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE
CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B
MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH
PEKANBARU |
publishDate |
2011 |
topic |
373.236 Sekolah Menengah Pertama SMP |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1036/1/2011_201127.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1036/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam
pelajaran matematika kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru melalui penerapan model
pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS). Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah
siswa sebanyak 36 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan
model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) untuk meningkatkan
motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali
pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan
kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran
penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan
kelas, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini
dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Hasanah
Pekanbaru. Rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal pada pertemuan sebelum
tindakan adalah 35,3%, sedangkan pada siklus I rata-rata motivasi belajar
matematika siswa meningkat menjadi 45,7%; dan pada siklus II meningkat lagi
menjadi 71,8%. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dapat meningkatkan motivasi
belajar matematika siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. |
id |
IOS7815.1036 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:01Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:01Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821879838277632 |
score |
17.538404 |