PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU

Main Author: Azimar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1036/1/2011_201127.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1036/
ctrlnum 1036
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1036/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE &#xD; CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI &#xD; BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B &#xD; MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH &#xD; PEKANBARU</title><creator>Azimar, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam &#xD; pelajaran matematika kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru melalui penerapan model &#xD; pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS). Subjek dalam penelitian ini adalah &#xD; siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah &#xD; siswa sebanyak 36 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan &#xD; model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) untuk meningkatkan &#xD; motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. &#xD; Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali &#xD; pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan &#xD; kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran &#xD; penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan &#xD; kelas, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan &#xD; refleksi. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini &#xD; dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Hasanah &#xD; Pekanbaru. Rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal pada pertemuan sebelum &#xD; tindakan adalah 35,3%, sedangkan pada siklus I rata-rata motivasi belajar &#xD; matematika siswa meningkat menjadi 45,7%; dan pada siklus II meningkat lagi &#xD; menjadi 71,8%. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa penerapan model &#xD; pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dapat meningkatkan motivasi &#xD; belajar matematika siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru.</description><date>2011-01-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1036/1/2011_201127.pdf</identifier><identifier> Azimar, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1036</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Azimar,
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU
publishDate 2011
topic 373.236 Sekolah Menengah Pertama
SMP
url http://repository.uin-suska.ac.id/1036/1/2011_201127.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1036/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal pada pertemuan sebelum tindakan adalah 35,3%, sedangkan pada siklus I rata-rata motivasi belajar matematika siswa meningkat menjadi 45,7%; dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 71,8%. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru.
id IOS7815.1036
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:01Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:01Z
recordtype dc
_version_ 1674821879838277632
score 17.538404