UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI RECONNECTING SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Sri Maryanti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1035/1/2011_201126.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1035/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengamatan di MTs Negeri Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, ditemui beberapa gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar khususnya pada pelajaran matematika, seperti kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, siswa cepat bosan dalam belajar sehingga sering melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan materi pelajaran. Hal ini menyebabkan motivasi belajar siswa menjadi rendah. Untuk meningkatkan motivasi motivasi belajar siswa maka pada penelitian ini diterapkan pembelajaran aktif dengan strategi reconnecting. Pembelajaran aktif dengan strategi reconnecting adalah model pembelajaran yang membuat siswa aktif sejak awal melalui aktivitas-aktivitas yang membangun kerja kelompok dan membuat mereka berpikir tentang materi pelajaran, reconnecting digunakan untuk mengembalikan perhatian anak didik setelah beberapa saat tidak melakukan aktivitas tersebut dan dapat meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, pada siklus I terlihat bahwa persentase motivasi siswa sebesar 63%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 82,2% dikategorikan motivasi belajar siswa tergolong tinggi. Keadaan ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika melalui pembelajaran aktif dengan strategi reconnecting dapat dikatakan berhasil.