PERMAINAN KARTU BILANGAN SEBAGAI ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUDDIN PEKANBARU

Main Author: Gustini,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1034/1/2011_201122.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1034/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar murid dalam pelajaran matematika kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Pekanbaru melalui Permainan Kartu Bilangan sebagai Alat Peraga. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah murid sebanyak 32 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika melalui Permainan Kartu Bilangan sebagai Alat Peraga di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Pekanbaru Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan- tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleki. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan motivasi belajar matematika murid kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Pekanbaru. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa melalui Permainan Kartu Bilangan sebagai Alat Peraga dapat meningkatkan motivasi belajar matematika murid kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Pekanbaru.