PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU
Main Author: | Tantri Wahyuni, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/10335/1/2012_2012921.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/10335/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini terdiri dari dua variabel, pengaruh perhatian orangtua (variabel bebas/independen atau variabel X) dan kedisiplinan belajar siswa (variabel dependen/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh perhatian orangtua terhadap kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Sedangkan rumusan masalahnya adalah adakah pengaruh yang signifikan dari pengaruh perhatian orangtua terhadap kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 100 siswa, sedangkan objeknya adalah pengaruh perhatian orangtua terhadap kedisiplinan belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Pengumpulan data diambil melalui angket. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitan ini adalah penelitian dua variabel, variabel pertama (X) dan variabel kedua (Y) bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. Maka penulis menggunakan rumus regresi linier sederhana yang diolah secara manual. Setelah melakukan penelitian, maka penulis mendapatkan kesimpulan akhir bahwa perhatian orangtua terhadap belajar siswa dapat disimpulkan secara umum bahwa tingklat perhatian orangtua terhadap belajar siswa, yaitu tergolong sangat perhatian sebesar 50%. Sedangkan tingkat kedisplinan belajar siswa bernilai kurang disiplin sebesar 97%. Dari hasil analisis data diperoleh r sebesar 0,766 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 (p<0,05). Dengan demikian Ha yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan Ho ditolak, yaitu ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orangtua terhadap disiplin belajar siswa. Artinya perhatian orangtua memberikan pengaruh terhadap kedisiplinan anak dalam belajar dan mematuhi tata-tertib di sekolah.