PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU

Main Author: Fadliati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1033/1/2011_201115.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1033/
ctrlnum 1033
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1033/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN STRATEGI&#xD; CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN&#xD; HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III&#xD; MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN&#xD; KECAMATAN TENAYAN RAYA&#xD; PEKANBARU</title><creator>Fadliati, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam&#xD; pelajaran matematika kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan&#xD; Tenayan Raya melalui Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Strategi CTL.&#xD; Beberapa masalah yang terjadi pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar&#x2013;&#xD; Rahman Kecamatan Tenayan Raya yaitu (1) setiap diberikan tugas hanya&#xD; sebagian kecil (25%) siswa yang benar-benar paham dan benar dalam&#xD; menyelesaikan tugas yang di kerjakan, (2) Setiap kali diadakan kuis diakhiri&#xD; pelajaran hanya sebagian kecil (30%) siswa yang mencapai hasil lebih dari standar&#xD; rata-rata. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah&#xD; Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah&#xD; siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah&#xD; meningkatkan hasil belajar matematika melalui Penerapan Pembelajaran Tematik&#xD; dengan Strategi CTL di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar&#x2013;Rahman Kecamatan&#xD; Tenayan Raya&#xD; Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua kali&#xD; pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari dua kali&#xD; pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini&#xD; berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian,&#xD; peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas,&#xD; yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan&#xD; Refleki.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian&#xD; ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III Madrasah&#xD; Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya. Rata-rata hasil belajar siswa&#xD; sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya&#xD; 47,62%, sedangkan hasil belajar setelah tindakan (ulangan siklus II) adalah&#xD; 90,48%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh&#xD; siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%).&#xD; Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran&#xD; Tematik dengan Strategi CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa&#xD; kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya.</description><date>2011-01-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1033/1/2011_201115.pdf</identifier><identifier> Fadliati, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1033</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fadliati,
title PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU
publishDate 2011
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/1033/1/2011_201115.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1033/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya melalui Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Strategi CTL. Beberapa masalah yang terjadi pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar– Rahman Kecamatan Tenayan Raya yaitu (1) setiap diberikan tugas hanya sebagian kecil (25%) siswa yang benar-benar paham dan benar dalam menyelesaikan tugas yang di kerjakan, (2) Setiap kali diadakan kuis diakhiri pelajaran hanya sebagian kecil (30%) siswa yang mencapai hasil lebih dari standar rata-rata. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Strategi CTL di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar–Rahman Kecamatan Tenayan Raya Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleki. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya 47,62%, sedangkan hasil belajar setelah tindakan (ulangan siklus II) adalah 90,48%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Strategi CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya.
id IOS7815.1033
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:01Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:01Z
recordtype dc
_version_ 1674821879826743296
score 17.538404