PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU
Main Author: | Fadliati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1033/1/2011_201115.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1033/ |
ctrlnum |
1033 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1033/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN STRATEGI
CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III
MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN
KECAMATAN TENAYAN RAYA
PEKANBARU</title><creator>Fadliati, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pelajaran matematika kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan
Tenayan Raya melalui Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Strategi CTL.
Beberapa masalah yang terjadi pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar–
Rahman Kecamatan Tenayan Raya yaitu (1) setiap diberikan tugas hanya
sebagian kecil (25%) siswa yang benar-benar paham dan benar dalam
menyelesaikan tugas yang di kerjakan, (2) Setiap kali diadakan kuis diakhiri
pelajaran hanya sebagian kecil (30%) siswa yang mencapai hasil lebih dari standar
rata-rata. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah
Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah
siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah
meningkatkan hasil belajar matematika melalui Penerapan Pembelajaran Tematik
dengan Strategi CTL di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar–Rahman Kecamatan
Tenayan Raya
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua kali
pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari dua kali
pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini
berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian,
peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas,
yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan
Refleki.
Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian
ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III Madrasah
Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya. Rata-rata hasil belajar siswa
sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya
47,62%, sedangkan hasil belajar setelah tindakan (ulangan siklus II) adalah
90,48%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh
siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%).
Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran
Tematik dengan Strategi CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya.</description><date>2011-01-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1033/1/2011_201115.pdf</identifier><identifier> Fadliati, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1033</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Fadliati, |
title |
PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN STRATEGI
CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III
MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN
KECAMATAN TENAYAN RAYA
PEKANBARU |
publishDate |
2011 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1033/1/2011_201115.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1033/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pelajaran matematika kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan
Tenayan Raya melalui Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Strategi CTL.
Beberapa masalah yang terjadi pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar–
Rahman Kecamatan Tenayan Raya yaitu (1) setiap diberikan tugas hanya
sebagian kecil (25%) siswa yang benar-benar paham dan benar dalam
menyelesaikan tugas yang di kerjakan, (2) Setiap kali diadakan kuis diakhiri
pelajaran hanya sebagian kecil (30%) siswa yang mencapai hasil lebih dari standar
rata-rata. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah
Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah
siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah
meningkatkan hasil belajar matematika melalui Penerapan Pembelajaran Tematik
dengan Strategi CTL di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar–Rahman Kecamatan
Tenayan Raya
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua kali
pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari dua kali
pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini
berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian,
peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas,
yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan
Refleki.
Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian
ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III Madrasah
Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya. Rata-rata hasil belajar siswa
sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya
47,62%, sedangkan hasil belajar setelah tindakan (ulangan siklus II) adalah
90,48%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh
siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%).
Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran
Tematik dengan Strategi CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya. |
id |
IOS7815.1033 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:01Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:01Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821879826743296 |
score |
17.538404 |