PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII.4 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 27 PEKANBARU
Main Author: | Susanti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/10297/1/2012_2012690.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/10297/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa kelas VII.4 di SMP Negeri 27 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa yang telah mengikuti layanan bimbingan kelompok dan objeknya adalah pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa kelas VII.4 di SMP Negeri 27 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok siswa kelas VII.4 di SMP Negeri 27 Pekanbaru yang berada dalam kategori aktif sebesar 20.512%, cukup aktif sebesar 64.102%, dan tidak aktif sebesar 15.384%. Kedisiplinan siswa kelas VII.4 di SMP Negeri 27 Pekanbaru yang berada dalam kategori disiplin sebesar 15.384%, cukup disiplin sebesar 71.794%, tidak disiplin sebesar 12.820%. Berdasarkan teknik korelasi product moment diperoleh nilai hitung sebesar 0.512. Pada taraf signifikan 5% = 0.325 dan pada taraf 1% = 0.418. Besar pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa adalah sebesar 26%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok siswa kelas VII.4 di SMP Negeri 27 Pekanbaru berada dalam kategori cukup aktif, kedisiplinan siswa kelas VII.4 di SMP Negeri 27 Pekanbaru berada dalam kategori cukup baik, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan kelas VII.4 di SMP Negeri 27 Pekanbaru.