PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN DALAM PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PEKANBARU

Main Author: Nur’aini Safitri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/10264/1/2012_2012433.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/10264/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Desaign (eksperimen murni) dengan jenis Randomized Pretest-Posttes Control Group Desaign. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik permainan dalam pelaksanaan layanan penguasaan konten terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan rencana penelitian pretest dan postest, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas VIII 7 (kelas eksperimen) dan VIII 9 (kelas kontrol). Untuk melihat peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberi treatment, dilihat dari data selisih nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data pretest (data awal) digunakan untuk melakukan uji homogenitas dan data posttest (data akhir) digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh treatment yang diberikan. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan tes “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai t hitung = 17,333 dan t tabel = 1,658, dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel . Hal ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik permainan memberi pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan pengaruh sebesar 81,5%. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik permainan dalam pelaksanaan layanan penguasaan konten dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.