PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN NOMINAL GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 7 TANJUNGPINANG

Main Author: Nike Afri Faselawanti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1024/1/2010_2011128.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1024/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran nominal group untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIc SMPN 7 Tanjungpinang. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran nominal group untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIc SMPN 7 Tanjungpinang pada pokok bahasan Lingkaran?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIc SMP Negeri 7 Tanjungpinang yang berjumlah 41 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal per indikator dari hasil belajar matematika, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 41 siswa yaitu 4 siswa tuntas dan 37 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 9,76%. Sedangkan hasil tes hasil belajar matematika dengan penerapan strategi pembelajaran nominal group pada siklus terakhir diperoleh ketuntasan individual 24 siswa tuntas dan 17 siswa belum tuntas, rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 58,54%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran nominal group dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIc SMPN 7 Tanjungpinang.