THE EFFECT OF USING PROR STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION IN DESCRIPTIVE TEXT OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT SMPN 3 BENAI KUANTAN SINGINGI REGENCY

Main Author: Erpina Yanti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/10082/1/2013_20131079PBI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/10082/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan studi pendahuluan penulis, ditemukan bahwa sebagian besar hasil reading pada siswa masih rendah. Masalah ini di sebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, sebagian siswa tidak bisa mengidentifikasi informasi yang umum dari teks, dan informasi yang khusus dari teks. Jadi, penulis tertarik mengadakan penelitian tentang masalah tersebut. Penulis ingin melihat pengaruh dari penggunaan stategi PROR terhadap pemahaman bacaan siswa dalam teks deskriptif. Penelitian ini diadakan di SMPN 3 Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa tahun kedua SMPN 3 Benai Kabupaten Kuantan Singingi, dan objek dari penelitian ini adalah pengaruh dari penggunaan strategi PROR dalam pemahaman teks deskriptif. Adapun jenis penelitiannya adalah Quasi-experiment. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa tahun kedua. Keseluruhan dari jumlah populasi adalah 64 siswa. Dikarenakan jumlah populasinya sedikit, peneliti mengambil semua populasi menjadi sampel; yaitu kelas VIIIA yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas experimen, dan kelas VIIIB yang juga terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol. Jadi, jumlah sampel dari dua kelas tersebut adalah 64 siswa. Untuk data analisisnya, peneliti menggunakan paired sample t test melalui manual. Setelah data dianalisis, peneliti menemukan hasil penghitungan t-test diatas yaitu (2.00<7.2>2.65). Artinya terdapat efek yang signifikan dari penggunaan strategi PROR terhadap pemahaman membaca teks deskriptif pada murid kelas 2 SMPN 3 Benai Kabupaten Kuantan Singingi.