THE EFFECT OF USING THREE- STEP INTERVIEW STRATEGY TOWARD STUDENTS’ SPEAKING ABILITY OF THE FIRST YEAR STUDENTS AT SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU
Main Author: | Vera Rahmadani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/10074/1/2013_20131036PBI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/10074/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman berbicara siswa sebelum diajarkan dengan menggunakan strategi Three-Step Interview untuk kelas eksprimen dan metode pembelajaran konvensional untuk kelas control, kemudian menemukan apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa sesudah diajarkan dengan menggunakan strategi Three-Step Interview untuk kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensioanl untuk kelas kontrol dan terakhir menemukan ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari strategi Three-Step Interview terhadap pemahaman berbicara pada siswa kelas 1 SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian jenis penelitian kuasi-eksperimen tipe non equivalen control group design. Adapun jumlah populasi dari penelitian ini adalah 143 siswa, yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X.3 dan X.4. X.3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional, X.4 sebagai kelas experiment yang diajar dengan strategi Three-Step Interview. Temuan penelitian menunjukan bahwa terhadap perbedaan signifikan sebelum diajar strategi Three-Step Interview untuk kelas eksperimen dan metode konvensional untuk kelas kontrol yang dapat dilihat dari skor uji-t adalah 3.922. Berdasarkan t-tabel 2.03 < 3.922 > 2.72. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan sesudah diajarkan dengan strategi Three-Step Interview untuk kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensioanl untuk kelas kontrol yang dapat dilihat dari skor uji-t. total skor uji-t adalah 4.976. berdasarkan t-tabel 2.03 < 4.976 > 2.72. oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Three-Step Interview terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas satu SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, dengan hasil uji-t adalah 2.05 < 3.431 > 2.72. dan dari hasil perhitungan K p dapat dilihat bahwa Strategy Three-Step Interview berkontribusi 23.64% terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas satu di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru.