Pengaruh Komunikasi Organisasi dalam Peningkatan Kinerja Usaha Kecil Menengah di Riau

Main Author: Musfialdy,
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/10056/1/Jurnal%20Repository%202%20UKM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/10056/
Daftar Isi:
  • Meskipun memiliki Peran Sentral dalam perekonomian nasional, UKM masih belum memberikan nilai tambah yang signifikan untuk pengembangan ekonomi di Indonesia. Hal ini dikarenakan keterbatasan UKM dalam penguasaan teknologi, akses modal dan lemahnya aspek manajerial, rendahnya kemampuan dalam manajemen, lemahnya kemampuan dalam pengambilan keputusan, rendahnya kualitas sumber daya manusia, skala usaha terlalu kecil, serta minimnya pengalaman dan lemahnya pengawasan keuangan. Keterbatasan dan kendala yang dihadapi UKM berdampak masih rendahnya produktivitas yang dihasilkan dan tidak sedikit mengalami kegagalan usaha. Dalam penelitian ini, proses komunikasi organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu jalinan hubungan yang saling tergantung satu sarna lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau selalu berubah-ubah. Secara umum, konsepsi kinerja organisasi/perusahaan didasarkan pada gagasan bahwa perusahaan merupakan sekumpulan aset produktil yang meliputi sumber daya manusia, sumber daya fisik dan modal untuk mencapai tujuan bersama. Akan tetapi, tulisan ini menemukan bahwa komunikasi organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha. Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Kinerja dan UKM