THE EFFECT OF USING SAY SOMETHING STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSIONOF THE SECOND YEAR STUDENTS AT SMAN 1 SIAK HULUKAMPAR REGENCY

Main Author: Dewi Irayanti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/10031/1/2013_2013492PBI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/10031/
Daftar Isi:
  • Membacaadalahkeahlian yang sangatpenting di antaraempatkeahliandalammempelajariBahasaInggrisdanmembacamampumember ikanpemahamankepadasiswamengenaiberbagaimacamteksBahasaInggris dan sesuai yang merekaharapkan.Namun, halitubelumdapatdirealisasikan.Salah satufaktor yang di dominanadalahstrategidalammengajarkantekstersebut.DalamhalinistrategiSay Somethingadalahstrategi yang tepatuntukmeningkatkanpemahamansiswaterhadapteks, karenastrategiinimelibatkankemampuanmerekauntukbisamemahamiteksbacaanny a. Tujuandari penelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanapemahamansiswa yang diajarkan menggunakanSay Something, kemudianuntukmengetahuipemahamanmembacasiswa yang di ajarkanstrategi yang biasa di gunakan guru disanadansalahsatunyaadalahstrategi Tanya jawab. Dan yang terakhiradalahuntukmengetahuiadaperbedaanpengaruhantarakeduakelompokterse but.Padapenilitianini, siswa yang akanditelitiadalahsiswajurusan IPA. Penelitianiniadalah penelitianeksperiment, tepatnya quasi eksperiment yang jenisnya non-equivalenkontrol grup.Dalam penelitianini, kelaseksperimentmendapatkanperlakuan (treatment) sebanyakdelapan kali pertemuan.Instrumen penelitianiniadalahlembarobservasidanmemberikanteks.Para pesertanyaadalahsiswakelasdua SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Temuanpenelitianmenunjukkanbahwaadapeningkatan, inidapatdilihatdarikemampuansiswadisekolahtersebutsebelum di berikantreatmen, merekatermasukdalamkategorilemah, yaitudengannilai rata-rata merekaadalah62.80dikelaseksperimen, sedangkandikelaskontroladalah63.46.Setelahsudahdiberikantreatmendikelaseksper imen adalah 80.80, sedangkan dikelas kontrol adalah 72.13.Dan skoruji-t. Total skor t-test adalah4.849. Berdasarkan t-table, (2.00<4.849>2.65).Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Say Something terhadap kemampuan membaca siswa pada siwa kelas dua SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar.