Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Pengurangan Konsumtivisme

Main Author: Swaratama, Elfa
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta , 2018
Subjects:
Online Access: http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/view/2105
http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/view/2105/675
ctrlnum article-2105
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Pengurangan Konsumtivisme</title><creator>Swaratama, Elfa</creator><subject lang="en-US"/><subject lang="en-US">desain komunikasi visual, konsumtif, viral, kampanye</subject><description lang="en-US">erilaku konsumtif dapat mengakibatkan dampak-dampak negatif seperti membuat seseorang untuk memiliki pola hidup boros dan dapat membuat orang menjadi tidak lagi membedakan antara kebutuhan akan tetapi mengutamakan keinginan. Perancangan komunikasi visual, kampanye pengurangan konsumtivisme ini bertujuan untuk mengurangi sifat konsumtif khususnya generasi muda. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan ini adalah kualitatif deskriptif, serta perancangan ini melalui tiga tahap, yaitu pembuatan konsep kampanye, konsep media, dan pembuatan konsep kreatif berdasarkan studi literatur, observasi, dan wawancara terhadap target audiensi. Berdasarkan penelitian berupa observasi dan wawancara terhadap target audiensi didapati bahwa media-media yang akan digunakan sebagai media kampanye berdasarkan intensitas pemakaiannya adalah sosial media Facebook dan Instagram. Sedangkan isi pesan yang akan disampaikan adalah "Belilah Barang sesuai dengan Fungsinya", dengan cara penyajian pesan yaitu dengan menggunakan humor satir. Kampanye ini dirancang dalam bentuk lima buah poster yang akan disebarkan di media sosial seperti yang telah disebutkan di atas, dengan karakter visual dan verbal yang kontroversial. Penggunaan karakter tersebut diharapkan dapat membantu target audiensi untuk turut menyebarkan pesan tersebut sehingga kampanye ini akan menjadi viral. Consumer behavior can lead to negative effects such as making a person to have an extravagant lifestyle and can make people no longer distinguish between needs and desire. Visual communication design consumerism reduction campaign aims to reduce the consumptive nature of the young generation. Data collection methods used in this design is qualitative descriptive, and this design through three stages, namely the concept of the campaign, the concept of media, and the making of creative concepts based on the study of literature, observation, and interviews with the target audience. Based on research in the form of observations and interviews with the target audience, found that the media will be used as a media campaign based on the intensity of their use of social media is Facebook and Instagram. While the contents of the message to be conveyed is "buy goods in accordance with its function", by way of presenting a message that is using satirical humor. The campaign is designed in the form of five posters that will be distributed in social media such as those mentioned above, with the controversial visual and verbal content that is expected to help the target audience to also spread the message so that this campaign will become viral.</description><publisher lang="en-US">Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-07-18</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/view/2105</identifier><identifier>10.24821/invensi.v3i1.2105</identifier><source lang="en-US">INVENSI; Vol 3, No 1 (2018): Juni 2018; 33-44</source><source>2615-2940</source><source>2460-0830</source><source>10.24821/invensi.v3i1</source><language>eng</language><relation>http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/view/2105/675</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Elfa Swaratama</rights><recordID>article-2105</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Swaratama, Elfa
title Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Pengurangan Konsumtivisme
publisher Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta
publishDate 2018
topic desain komunikasi visual
konsumtif
viral
kampanye
url http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/view/2105
http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/view/2105/675
contents erilaku konsumtif dapat mengakibatkan dampak-dampak negatif seperti membuat seseorang untuk memiliki pola hidup boros dan dapat membuat orang menjadi tidak lagi membedakan antara kebutuhan akan tetapi mengutamakan keinginan. Perancangan komunikasi visual, kampanye pengurangan konsumtivisme ini bertujuan untuk mengurangi sifat konsumtif khususnya generasi muda. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan ini adalah kualitatif deskriptif, serta perancangan ini melalui tiga tahap, yaitu pembuatan konsep kampanye, konsep media, dan pembuatan konsep kreatif berdasarkan studi literatur, observasi, dan wawancara terhadap target audiensi. Berdasarkan penelitian berupa observasi dan wawancara terhadap target audiensi didapati bahwa media-media yang akan digunakan sebagai media kampanye berdasarkan intensitas pemakaiannya adalah sosial media Facebook dan Instagram. Sedangkan isi pesan yang akan disampaikan adalah "Belilah Barang sesuai dengan Fungsinya", dengan cara penyajian pesan yaitu dengan menggunakan humor satir. Kampanye ini dirancang dalam bentuk lima buah poster yang akan disebarkan di media sosial seperti yang telah disebutkan di atas, dengan karakter visual dan verbal yang kontroversial. Penggunaan karakter tersebut diharapkan dapat membantu target audiensi untuk turut menyebarkan pesan tersebut sehingga kampanye ini akan menjadi viral. Consumer behavior can lead to negative effects such as making a person to have an extravagant lifestyle and can make people no longer distinguish between needs and desire. Visual communication design consumerism reduction campaign aims to reduce the consumptive nature of the young generation. Data collection methods used in this design is qualitative descriptive, and this design through three stages, namely the concept of the campaign, the concept of media, and the making of creative concepts based on the study of literature, observation, and interviews with the target audience. Based on research in the form of observations and interviews with the target audience, found that the media will be used as a media campaign based on the intensity of their use of social media is Facebook and Instagram. While the contents of the message to be conveyed is "buy goods in accordance with its function", by way of presenting a message that is using satirical humor. The campaign is designed in the form of five posters that will be distributed in social media such as those mentioned above, with the controversial visual and verbal content that is expected to help the target audience to also spread the message so that this campaign will become viral.
id IOS7813.article-2105
institution Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 1794
institution_type library:university
library
library Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 1492
collection INVENSI (Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni)
repository_id 7813
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS7813
first_indexed 2019-07-31T02:39:34Z
last_indexed 2019-07-31T02:39:34Z
recordtype dc
_version_ 1686572734722605056
score 17.538404