Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Pengurangan Konsumtivisme
Main Author: | Swaratama, Elfa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/view/2105 http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/view/2105/675 |
ctrlnum |
article-2105 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Pengurangan Konsumtivisme</title><creator>Swaratama, Elfa</creator><subject lang="en-US"/><subject lang="en-US">desain komunikasi visual, konsumtif, viral, kampanye</subject><description lang="en-US">erilaku konsumtif dapat mengakibatkan dampak-dampak negatif seperti membuat
seseorang untuk memiliki pola hidup boros dan dapat membuat orang menjadi tidak
lagi membedakan antara kebutuhan akan tetapi mengutamakan keinginan.
Perancangan komunikasi visual, kampanye pengurangan konsumtivisme ini bertujuan
untuk mengurangi sifat konsumtif khususnya generasi muda. Metode pengumpulan
data yang digunakan dalam perancangan ini adalah kualitatif deskriptif, serta
perancangan ini melalui tiga tahap, yaitu pembuatan konsep kampanye, konsep media,
dan pembuatan konsep kreatif berdasarkan studi literatur, observasi, dan wawancara
terhadap target audiensi. Berdasarkan penelitian berupa observasi dan wawancara
terhadap target audiensi didapati bahwa media-media yang akan digunakan sebagai
media kampanye berdasarkan intensitas pemakaiannya adalah sosial media Facebook
dan Instagram. Sedangkan isi pesan yang akan disampaikan adalah "Belilah Barang
sesuai dengan Fungsinya", dengan cara penyajian pesan yaitu dengan menggunakan
humor satir. Kampanye ini dirancang dalam bentuk lima buah poster yang akan
disebarkan di media sosial seperti yang telah disebutkan di atas, dengan karakter
visual dan verbal yang kontroversial. Penggunaan karakter tersebut diharapkan dapat
membantu target audiensi untuk turut menyebarkan pesan tersebut sehingga
kampanye ini akan menjadi viral.
Consumer behavior can lead to negative effects such as making a person to have an
extravagant lifestyle and can make people no longer distinguish between needs and
desire. Visual communication design consumerism reduction campaign aims to
reduce the consumptive nature of the young generation. Data collection methods used
in this design is qualitative descriptive, and this design through three stages, namely
the concept of the campaign, the concept of media, and the making of creative
concepts based on the study of literature, observation, and interviews with the target
audience. Based on research in the form of observations and interviews with the target
audience, found that the media will be used as a media campaign based on the
intensity of their use of social media is Facebook and Instagram. While the contents
of the message to be conveyed is "buy goods in accordance with its function", by way
of presenting a message that is using satirical humor. The campaign is designed in
the form of five posters that will be distributed in social media such as those mentioned
above, with the controversial visual and verbal content that is expected to help the
target audience to also spread the message so that this campaign will become viral.</description><publisher lang="en-US">Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-07-18</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/view/2105</identifier><identifier>10.24821/invensi.v3i1.2105</identifier><source lang="en-US">INVENSI; Vol 3, No 1 (2018): Juni 2018; 33-44</source><source>2615-2940</source><source>2460-0830</source><source>10.24821/invensi.v3i1</source><language>eng</language><relation>http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/view/2105/675</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Elfa Swaratama</rights><recordID>article-2105</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Swaratama, Elfa |
title |
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Pengurangan Konsumtivisme |
publisher |
Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
publishDate |
2018 |
topic |
desain komunikasi visual konsumtif viral kampanye |
url |
http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/view/2105 http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/view/2105/675 |
contents |
erilaku konsumtif dapat mengakibatkan dampak-dampak negatif seperti membuat
seseorang untuk memiliki pola hidup boros dan dapat membuat orang menjadi tidak
lagi membedakan antara kebutuhan akan tetapi mengutamakan keinginan.
Perancangan komunikasi visual, kampanye pengurangan konsumtivisme ini bertujuan
untuk mengurangi sifat konsumtif khususnya generasi muda. Metode pengumpulan
data yang digunakan dalam perancangan ini adalah kualitatif deskriptif, serta
perancangan ini melalui tiga tahap, yaitu pembuatan konsep kampanye, konsep media,
dan pembuatan konsep kreatif berdasarkan studi literatur, observasi, dan wawancara
terhadap target audiensi. Berdasarkan penelitian berupa observasi dan wawancara
terhadap target audiensi didapati bahwa media-media yang akan digunakan sebagai
media kampanye berdasarkan intensitas pemakaiannya adalah sosial media Facebook
dan Instagram. Sedangkan isi pesan yang akan disampaikan adalah "Belilah Barang
sesuai dengan Fungsinya", dengan cara penyajian pesan yaitu dengan menggunakan
humor satir. Kampanye ini dirancang dalam bentuk lima buah poster yang akan
disebarkan di media sosial seperti yang telah disebutkan di atas, dengan karakter
visual dan verbal yang kontroversial. Penggunaan karakter tersebut diharapkan dapat
membantu target audiensi untuk turut menyebarkan pesan tersebut sehingga
kampanye ini akan menjadi viral.
Consumer behavior can lead to negative effects such as making a person to have an
extravagant lifestyle and can make people no longer distinguish between needs and
desire. Visual communication design consumerism reduction campaign aims to
reduce the consumptive nature of the young generation. Data collection methods used
in this design is qualitative descriptive, and this design through three stages, namely
the concept of the campaign, the concept of media, and the making of creative
concepts based on the study of literature, observation, and interviews with the target
audience. Based on research in the form of observations and interviews with the target
audience, found that the media will be used as a media campaign based on the
intensity of their use of social media is Facebook and Instagram. While the contents
of the message to be conveyed is "buy goods in accordance with its function", by way
of presenting a message that is using satirical humor. The campaign is designed in
the form of five posters that will be distributed in social media such as those mentioned
above, with the controversial visual and verbal content that is expected to help the
target audience to also spread the message so that this campaign will become viral. |
id |
IOS7813.article-2105 |
institution |
Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
institution_id |
1794 |
institution_type |
library:university library |
library |
Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
library_id |
1492 |
collection |
INVENSI (Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni) |
repository_id |
7813 |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS7813 |
first_indexed |
2019-07-31T02:39:34Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:39:34Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686572734722605056 |
score |
17.538404 |