Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pendidikan

Main Author: Chasanah, Uswatun
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik , 2017
Online Access: http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3177
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3177/2253
Daftar Isi:
  • Tulisan ini mengkaji tentang filsafat pendidikan  yang ruang lingkupnya meliputi ontologi, epistimologi dan aksiologi pendidikan. Ontologi pendidikan mengupas tentang hakikat pendidikan. Epistemologi pendidikan  membahas tentang  asal- usul atau sumber pendidikan, metode membangun pendidikan, unsur- unsur pendidikan, sasaran pendidikan, dan sebagainya. Sedangkan aksiologi pendidikan mengkaji tentang nilai guna dari pendidikan. Hakikat pendidikan adalah usaha sadar untuk membimbing dan mengembangkan potensi dan kepribadian serta kemampuan dasar peserta didik untuk menuju  kepribadian luhur dan berakhlak mulia. Kebenaran pendidikan  ditunjukkan pada output atau hasil seluruh rangkaian penyelenggaraan pendidikan menurut objek forma, metode, dan sistem, yaitu berupa kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang dimiliki peserta didik. Pendidikan sebagai disiplin ilmu pengetahun yang bersumber dari al-Quran dan hadith, maka pendidikan  memiliki nilai-nilai yang diadopsi dari kedua sumber hukum agama tersebut; pendidikan harus mampu menjadikan manusia sebagai insan kamil yang berperan menjadi khalifah di muka bumi.