TIPE PEMBUKTIAN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA
Main Authors: | Fadiana, Mu'jizatin, Yulaikah, Yulaikah, Lajianto, Lajianto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/matematika/article/view/3443 http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/matematika/article/view/3443/pdf http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/matematika/article/downloadSuppFile/3443/626 |
Daftar Isi:
- The ability to prove formal mathematics is an important ability that must be mastered by undergraduate prospective mathematics teachers. However, students who are prospective mathematics teachers have difficulty in constructing proof in mathematics courses. Therefore, this study aims to explore the tendency of mathematical proof methods for prospective mathematics teachers in second year lectures. The method used in this research is quantitative descriptive research. Participants in this study were 30 prospective mathematics teachers at a tertiary institution in Tuban, East Java. The research instrument is a simple task of compiling mathematical evidence. The results of the study were analyzed using the classification of types of proof by Miyazaki, namely classifying the types of deductive and inductive reasoning. The results showed that prospective mathematics teachers had a greater tendency to use deductive reasoning than using inductive reasoning. Type A proof is the most common type of proof. In addition, around 70% of prospective teachers still experience difficulties in compiling evidentiary tasks.
- Kemampuan pembuktian matematis formal merupakan kemampuan penting yang harus dikuasai calon guru matematika. Namun demikian, mahasiswa calon guru matematika mengalami kesulitan dalam mengkonstruk pembuktian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kecenderungan metode pembuktian matematika calon guru matematika di perkuliahan Tahun kedua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 30 calon guru matematika di sebuah perguruan tinggi di Tuban, Jawa Timur. Instrumen penelitian berupa tugas sederhana menyusun bukti matematis. Hasil penelitian dianalisis menggunakan klasifikasi tipe pembuktian oleh Miyazaki, yaitu mengklasifikasikan jenis penalaran deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa calon guru matematika memiliki kecenderungan untuk menggunakan penalaran deduktif yang lebih besar daripada menggunakan penalaran induktif. Pembuktian tipe A adalah pembuktian yang paling banyak ditemukan. Selain itu, sekitar 70% calon guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun tugas pembuktian.