ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Main Authors: | Rohana, Rohana, Sari, Eka Fitri Puspa, Nurfeti, Siti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/matematika/article/view/3365 http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/matematika/article/view/3365/pdf |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori kemampuan representasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 16 Palembang Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen tes berupa 4 soal uraian materi sistem persamaan linear dua variabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada representasi visual memiliki persentase rata-rata sebesar 43,33 dengan sebagian besar peserta didik belum mampu menentukan titik potong dan menggambarkan titik potong pada koordinat kartesius. Indikator representasi ekpresi matematis sebesar 80,37 menunjukkan bahwa peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan menggunakan representasi ekpresi matematis tetapi sebagian besar peserta didik keliru dalam menentukan solusi terakhir. Indikator representasi kata-kata atau teks tertulis sebesar 28,89 dengan sebagian besar peserta didik belum mampu menyatakan strategi penyelesaian menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Secara keseluruhan didapat persentase rata-rata kemampuan representasi peserta didik sebesar 62,66 dengan kategori sedang.Kata kunci: Analisis deskriptif; kemampuan representasi matematis; sistem persamaan linear dua variabel. AbstractThe purpose of this study were to determine the category of mathematical representation ability of students. The method used is descriptive analysis method. The subjects of this study were 30 students of class IX.2 SMP Negeri 16 Palembang on 2019/2020 academic year. Data collection techniques used are tests, interviews and documentation. The test instrument consists of 4 questions about the material description of a two-variable linear equation system. The data analysis technique in this study used descriptive statistics. The results showed that the visual representation had an average percentage of 43.33 with most of the students not being able to determine the intersection point and describe the intersection point at the Cartesian coordinates. The mathematical expression representation indicator of 80.37 shows that students are able to solve problems using mathematical expression representations but most of the students are wrong in determining the final solution. The indicator for the representation of words or written text is 28.89 with most of the students not being able to state the settlement strategy using written words or text. Relativity, student’s representation ability was 62.66 in the moderate category.Keywords: Descriptive analysis; mathematical representation ability; two variable linear equation system. AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori kemampuan representasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 16 Palembang Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen tes berupa 4 soal uraian materi sistem persamaan linear dua variabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada representasi visual memiliki persentase rata-rata sebesar 43,33 dengan sebagian besar peserta didik belum mampu menentukan titik potong dan menggambarkan titik potong pada koordinat kartesius. Indikator representasi ekpresi matematis sebesar 80,37 menunjukkan bahwa peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan menggunakan representasi ekpresi matematis tetapi sebagian besar peserta didik keliru dalam menentukan solusi terakhir. Indikator representasi kata-kata atau teks tertulis sebesar 28,89 dengan sebagian besar peserta didik belum mampu menyatakan strategi penyelesaian menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Secara keseluruhan didapat persentase rata-rata kemampuan representasi peserta didik sebesar 62,66 dengan kategori sedang. Kata kunci: Analisis deskriptif; kemampuan representasi matematis; sistem persamaan linear dua variabel. AbstractThe purpose of this study were to determine the category of mathematical representation ability of students. The method used is descriptive analysis method. The subjects of this study were 30 students of class IX.2 SMP Negeri 16 Palembang on 2019/2020 academic year. Data collection techniques used are tests, interviews and documentation. The test instrument consists of 4 questions about the material description of a two-variable linear equation system. The data analysis technique in this study used descriptive statistics. The results showed that the visual representation had an average percentage of 43.33 with most of the students not being able to determine the intersection point and describe the intersection point at the Cartesian coordinates. The mathematical expression representation indicator of 80.37 shows that students are able to solve problems using mathematical expression representations but most of the students are wrong in determining the final solution. The indicator for the representation of words or written text is 28.89 with most of the students not being able to state the settlement strategy using written words or text. Relativity, student’s representation ability was 62.66 in the moderate category. Keywords: Descriptive analysis; mathematical representation ability; two variable linear equation system.