PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS SERTA PERLUASAN PEMASARAN PRODUK KRUPUK MELALUI PENINGKATAN TEKNOLOGI PRODUKSI DAN MANAJEMEN

Main Authors: Djoko Suwito, , Yunus, , Dwiarko Nugrohoseno, , Lucia Tri Pangesti,
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Aksi , 2008
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_aksi/article/view/6029
Daftar Isi:
  • Pengembagan produk ekspor non-migas perlu merata sampai tingkat usahakecil, tetapi perlu dipilih produk yang memiliki kemampuan untuk bersaing(kompetitif), unggulan daerah, dan memiliki basis usaha yang layak, misalnyakelompok usaha kecil menengah (UKM) dengan produk serupa di suatu lingkupwilayah tertentu yang telah mempunyai omzet di atas Rp.50 juta/tahun.Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yangbanyak menghasilkan berbagai produk hasil dari Usaha Kecil dan Menengah(UKM), salah satunya adalah krupuk, disamping kerajinan kulit dan sayangan.Untuk UKM pengolah krupuk khususnya di Kecamatan Jabon sebanyak 52 UKMdi bawah koordinasi Koperasi “MITRA USAHA”. Dari 52 UKM tersebut telahdilakukan pembinaan, yaitu melalui program Vucer Multi Tahun (VMT). ProgramVMT ini dikenakan pada UKM UD. KARTIKA JAYA dan UD. SUEB JAYA denganmempunyai tujuan, yaitu: 1) meningkatkan kuantitas produksi krupuk, 2)memperluas jangkauan pemasaran baik antar pulau maupun ekspor, 3)menerapkan manajemen perusahaan dan alih teknologi, 4) meningkataknjaringan pemasaran krupuk dengan menciptakan jaringan kerja dengan pasardan lembaga terkait, dan 5) meningkatkan kemampuan sumber daya manusiasebagai pendukung tenaga kerja baik dari sisi keterampilannya maupun sikapdan perilaku serta kinerjanya. Hasil prgram VMT ini adalah telah tercapainyakelima tujuan tersebut di atas secara signifikan, sebagaimana akan dipaparkandalam tulisan ini, khususnya terhadap UKM UD. KARTIKA JAYA.