PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)
Main Authors: | Saffan, MA, Edi, S.Pd, Febrianda |
---|---|
Other Authors: | STAI Tapaktuan |
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STAI Tapaktuan
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.staitapaktuan.ac.id/index.php/fitra/article/view/54 http://jurnal.staitapaktuan.ac.id/index.php/fitra/article/view/54/37 |
ctrlnum |
article-54 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)</title><creator>Saffan, MA, Edi</creator><creator>S.Pd, Febrianda</creator><description lang="en-US">Penelitian ini dilatarbelakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan rendahnya  hasil belajar dan aktivitas belajar siswa di kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Samadua, Aceh Selatan.  Hal ini terlihat dari perilaku siswa yang cenderung hanya mendengar dan mencatat pelajaran yang diberikan guru, siswa dengan bertanya dan mengemukakan pendapat saat pembelajaran berlangsung, sehingga berakibat pada menurunnya prestasi belajar mereka. Tujuan dari pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi akhlak mulia dengan menerapkan model discovery. Pelaksanaan PTK ini dilakukan melalui dua siklus, di mana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan pada akhir siklus dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dari PTK ini, yaitu, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, hasil belajar atau jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM (>55) minimal 75%, dan performansi guru dalam pembelajaran minimal B (>70). Hasil penelitian yang diperoleh dari penilaian hasil belajar siswa kelas XII IPA-1 pada siklus I,  yaitu: (1) performansi guru 59,67 % % dengan kategori kurang aktif; (2) aktivitas siswa 63,04 % berkategori kurang aktif; (3) hasil belajar rata-rata  62,90% belum mencapai nilai KKM. Hasil belajar pada siklus II, yaitu: (1) performansi guru  85,83 % berkategori aktif; (2) aktivitas siswa 90,22 % berkategori sangat aktif; (3) hasil belajar rata-rata, 71.84%  sudah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran agama, khususnya materi akhlak terpuji, di samping dapat meningkatkan aktivitas guru agama ketika mengajar di SMK Neger1 Tapaktuan, Aceh Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar dan PQ4R</description><publisher lang="en-US">STAI Tapaktuan</publisher><contributor lang="en-US">STAI Tapaktuan</contributor><date>2018-07-31</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.staitapaktuan.ac.id/index.php/fitra/article/view/54</identifier><source lang="en-US">FITRA; Vol 3, No 2 (2017): Vol. 3 No. 2 Juli - Desember 2017</source><source lang="id-ID">FITRA; Vol 3, No 2 (2017): Vol. 3 No. 2 Juli - Desember 2017</source><source>2621-7201</source><source>2442-725X</source><language>eng</language><relation>http://jurnal.staitapaktuan.ac.id/index.php/fitra/article/view/54/37</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 FITRA</rights><recordID>article-54</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Saffan, MA, Edi S.Pd, Febrianda |
author2 |
STAI Tapaktuan |
title |
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) |
publisher |
STAI Tapaktuan |
publishDate |
2018 |
url |
http://jurnal.staitapaktuan.ac.id/index.php/fitra/article/view/54 http://jurnal.staitapaktuan.ac.id/index.php/fitra/article/view/54/37 |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa di kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Samadua, Aceh Selatan. Hal ini terlihat dari perilaku siswa yang cenderung hanya mendengar dan mencatat pelajaran yang diberikan guru, siswa dengan bertanya dan mengemukakan pendapat saat pembelajaran berlangsung, sehingga berakibat pada menurunnya prestasi belajar mereka. Tujuan dari pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi akhlak mulia dengan menerapkan model discovery. Pelaksanaan PTK ini dilakukan melalui dua siklus, di mana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan pada akhir siklus dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dari PTK ini, yaitu, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, hasil belajar atau jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM (>55) minimal 75%, dan performansi guru dalam pembelajaran minimal B (>70). Hasil penelitian yang diperoleh dari penilaian hasil belajar siswa kelas XII IPA-1 pada siklus I, yaitu: (1) performansi guru 59,67 % % dengan kategori kurang aktif; (2) aktivitas siswa 63,04 % berkategori kurang aktif; (3) hasil belajar rata-rata 62,90% belum mencapai nilai KKM. Hasil belajar pada siklus II, yaitu: (1) performansi guru 85,83 % berkategori aktif; (2) aktivitas siswa 90,22 % berkategori sangat aktif; (3) hasil belajar rata-rata, 71.84% sudah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran agama, khususnya materi akhlak terpuji, di samping dapat meningkatkan aktivitas guru agama ketika mengajar di SMK Neger1 Tapaktuan, Aceh Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar dan PQ4R |
id |
IOS7757.article-54 |
institution |
STAI Tapaktuan Aceh Selatan |
institution_id |
3515 |
institution_type |
library:university library |
library |
Sufyan Ilyas |
library_id |
2727 |
collection |
FITRA |
repository_id |
7757 |
subject_area |
Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama Curriculum Development/Perkembangan Kurikulum Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu Education of Psychology/Pendidikan Psikologi |
city |
ACEH SELATAN |
province |
ACEH |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7757 |
first_indexed |
2020-03-27T09:41:55Z |
last_indexed |
2020-03-27T09:41:55Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686567649104887808 |
score |
17.538404 |