Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Quick On The Draw Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Dan Rumusnya

Main Authors: Setiawati, Tini, Hilmiyati, Fitri
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten , 2017
Online Access: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/426
http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/426/371
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah hasil belajar masih cukup rendah dan aktivitas siswa menunjukan ketidaktertarikan siswa dalam  mengikuti pembelajaran matematika karena minimnya media dan pemahaman terhadap strategi atau model pembelajaran yang digunakan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka salah satunya adalah dengan penggunaan metode quick on the draw. Sehingga diharapkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dapat meningkat.Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi aktivitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I; hasil belajar siswa yang sudah mencapai nilai dikatakan tuntas belajarnya berjumlah 17 siswa dari 27 siswa dengan nilai ratarata 65,00, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang sudah dikatakan tuntas belajarnya berjumlah 25 siswa dari 27 siswa dengan nilai rata-rata mencapai 78,88. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 66,88%, sedangkan aktivitas siswa pada siklus II mencapai 94,11%. Hal ini menunjukan kecapaian pembelajaran di atas indikator keberhasilan yang ditetapkan. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi matematika kelas V.