Penerapan Metode Circuit Learning Dengan Media Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya

Main Authors: Hasanah, Siti Kurnia, Muqdamien, Birru
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten , 2017
Online Access: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/422
http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/422/367
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA melalui metode circuit learning dengan media berbasis multimedia. Metode circuit learning dengan media berbasis multimedia digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan karena dalam pembelajarannya guru menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan peta konsep yang dibantu dengan media berbasis multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak hal-hal yang harus diperbaiki dilihat dari hasil evaluasi siswa pada materi sistem tata surya dengan nilai rata-rata 62 dan ketuntasan klasikalnya 60% belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetatapkan yaitu 70%. Masalah yang muncul pada siklus I dapat diatasi di siklus selanjutnya dengan melakukan perbaikan. Hasil analisis pada siklus II menunjukan pembelajaran yang dilakukan sudah efektif hal ini dilihat dari banyaknya siswa yang aktif bertanya dan semangat dalam presentasi serta meningkatnya hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 80 dan ketuntasan klasikal 97,5%. Berdasarkan data yang ada membuktikan bahwa metode circuit learning dengan media berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.