Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat

Main Authors: Aryani, Winda, Mansur, Mansur
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten , 2017
Online Access: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/417
http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/417/362
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga mistar hitung terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di SDN Graha Cisait. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu, sedangkan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelas kontrol 51.90 dan rata-rata nilai posttest 60.29. Sehingga peningkatan rata-rata nilai untuk kelas kontrol yaitu 8.39 diperoleh dari selisih antara nilai pretest dan posttest. Sedangkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 52.39 dan rata-rata nilai posttest 69.76. Sehingga peningkatan rata-rata nilai untuk kelas eksperimen yaitu 17.37. Sedangkan, hasil perhitungan N-Gain pada kelas eksperimen dan hasil pretest dan posttest maka didapatkan N-Gain terletak pada hasil 0,30 < N-Gain < 0,70 tersebut. N-Gain yang didapatpada kriteria sedang yaitu 0,438. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan alat peraga mistar hitung dengan yang tidak menggunakan alat peraga mistar hitung.