Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bilangan Pecahan dengan Menggunakan Model Team Games Tournament

Main Authors: Rahmawati, Rahmawati, Muqdamien, Birru
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten , 2017
Online Access: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/150
http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/150/152
Daftar Isi:
  • Masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan pecahan, serta belum maksimalnya guru dalam menggali kemampuan siswa menjadi beberapa alasan yang melatarbelakangi penelitian ini dalam meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model TGT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setelah dilakukan tindakan ini, didapatkan hasil yang terlihat pada persentase ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siswa yaitu Siklus I 61,11% dan 69,78, kemudian Siklus II 80,56% dan 82, 44. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan pecahan.