PENGARUH METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI CERITA RAKYAT

Main Authors: Safitri, Devi Afiani, Ngaisah, Siti
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten , 2018
Online Access: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/1261
http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/1261/980
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang menggunakan metode CIRC dalam pembelajaran dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SDN Sumuranja 1 dan 2 Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu tipe Non-equivalent Control Group Design. Pengambilan populasi pada penelitian ini tidak dilakukan secara random, melainkan dipilih langsung. Data kemampuan membaca pemahaman siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk soal uraian yang berjumlah 5 butir soal. Kemudian, data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan stastistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan analisis data hasil penelitian didapat nilai p-value < nilai signifikansi yaitu 0,007<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode CIRC dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model konvensional atau model pembelajaran langsung.