Upaya Meningkatkan Kecakapan Siswa Menulis Teks Berbentuk Procedure Melalui Model Pembelajaran Make A Match
Main Author: | Fauziah, Fauziah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/1 http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/1/1 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks procedure, serta mengembangkan strategi pembelajaran dan model pembelajaran yang efektif, efisien dan menye-nangkan. Hasil pengamatan mengindikasikan bahwa 9 dari 11 siswa (81,81%) terlihat aktif dalam proses pembelajaran. Nilai siswa hasil dari evaluasi test tulis hanya 1 orang siswa (0,11%) saja yang masih belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Nilai post test siswa berupa evaluasi individu melalui Lembar Kerja Siswa menunjukan Sebanyak 1 siswa (0,11%) mendapat nilai B ‘very good’, 2 siswa (0,22%) mendapat nilai C ‘good’, 7 siswa (0,71%) mendapat nilai D ‘fair’, 1 siswa (0,11%) mendapat nilai E ‘poor’. Penulis menyimpulkan bahwa berdasarkan hasil di atas tujuan penelitian yang telah ditetapkan mengalami keberhasilan. Dengan kata lain, impelmentasi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran make a match dapat me-ningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk prosedur dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran.