STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU “SALATIGA MOVEMENT (SM)” DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TERHADAP MASYARAKAT SALATIGA
Main Authors: | Kharisma, Resva Inggil, Wijaya, Lina Sinatra |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Garut
, 2019
|
Online Access: |
http://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/665 http://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/665/632 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program strategi komunikasi pemasaran terpadu dari “Salatiga Movement” (suatu komunitas tari modern paling terkenal di Salatiga) dalam meningkatkan brand awareness terhadap masyarakat Salatiga dengan tujuan untuk mempertahankan eksistensinya. Target sasarannya adalah anggota sekaligus pengurus “Salatiga Movement”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Untuk pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan seperti periklanan, promosi penjualan, humas dan publisitas, penjualan personal, pemasaran langsung, serta acara dan pengalaman dapat menaikkan brand awareness merek “Salatiga Movement”. Strategi komunikasi pemasaran berlangsung dengan baik meskipun ada kendala yang muncul seperti pengetahuan masyarakat Salatiga mengenai dance masih minim dan pemasukan dana komunitas yang kurang. Kata kunci: Strategi; Komunikasi Pemasaran Terpadu; Brand; Awareness Abstract The purpose of this research is to find out the integrated marketing communication program of “Salatiga Movement” (one of the knowest modern dance community in Salatiga) in increasing brand awareness to Salatiga citizen for maintaining its existence. The target audiences are Salatiga Movement’s official members. This research is a qualitative research by using case study method. For getting the data, interviews, observation, and documentation are used. The results of this research indicate that integrated marketing communication which had been done by Salatiga Movement such as advertising, sales promotion, public relations and publicity, personal selling, direct marketing, also event and experience could increase the brand awareness. The integrated marketing communication has been done well even though there are still some obstacles in doing it, due to the lack of dance knowledge and financial problem faced by the Salatiga citizens. Key words: Strategic; Integrated Marketing Communication, Brand; Awareness