PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PUSKESMAS SUMBERSARI
Main Authors: | Yuwanto, Mahmud Ady; STIKES dr. Soebandi, Amrullah, Akhmad Efrizal; STIKES dr. Soebandi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LP3M STIKES dr. Soebandi
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.stikesdrsoebandi.ac.id/index.php/jkes/article/view/67 http://jurnal.stikesdrsoebandi.ac.id/index.php/jkes/article/view/67/53 |
Daftar Isi:
- Kepuasan pasien adalah perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja atau hasil yang di rasakan dengan yang di harapkan. Komunikasi terapeutik diterapkan oleh perawat dalam berhubungan dengan pasien untuk meningkatkan rasa saling percaya, dan apabila tidak diterapkan akan menganggu hubungan terapeutik yang berdampak pada ketidakpuasan pasien.Hasil Studi Pendahuluan dilakukan di ruang rawat inap Puskesmas Sumbersari dengan berjumlah 10 orang. Komunikasi terapeutik yang baik sebesar 25%, komunikasi terapeutik cukup 30%, dan komunikasi terapeutikg kurang 45%. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Sumbersari. Jenis penelitian yang di gunakan adalah total sample dengan servei analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang datang untuk rawat inap sebanyak 30 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 30 orang dengan menggunakan Accindental sampling. Hasil penelitian,komunikasi terapeutik dengan kategori baik sebanyak (33,3%), komunikasi terapeutik dengan kategori cukup sebanyak (30,0%), dan komunikasi terapeutik dengan kategori kurang (36,7%) dan kepuasan pasien dengan kategori sangat tidak puas sebanyak (23,3%), kepuasan pasien dengan kategori sangat tidak puas sebanyak (23,3%), kepuasan pasien dengan kategori tidak puas sebanyak (26,7%), kepuasan pasien dengan kategori puas sebanyak (23,3%), kepuasan pasien dengan kategori sangat puas (26,7%).Hasil penelitian ini dianalisa menggunakan Spearman Rank maka nilai p value sebesar 0,001 < 0,01 sehingga di putuskan hipotesis H0 di tolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap Puskesmas Sumbersari. Di sarankan bagi perawat lebih meningkatkan komunikasi terapeutik untuk kepuasan pasien.