HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BADAN PENYELENGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN (BPJS) KESEHATAN DI RS JEMBER KLINIK
Main Authors: | Mardijanto, Said; STIKES dr. Soebandi, Santoni, Irwin; STIKES dr. Soebandi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LP3M STIKES dr. Soebandi
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.stikesdrsoebandi.ac.id/index.php/jkes/article/view/59 http://jurnal.stikesdrsoebandi.ac.id/index.php/jkes/article/view/59/45 |
Daftar Isi:
- Kualitas pelayanan kesehatan merupakan hal pokok yang harus dimiliki oleh setiap instasi kesehatan, untuk mencapai kualitas pelayanan yang baik maka setiap isntasi kesehatan harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan pelanggan. BPJS kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelengarakan jaminan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan nilai subjektif dalam kualitas pelayanan yang diberikan. Karena kualitas pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS KESEHATAN di Rumah Sakit Jember Klinik Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini survei dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini menggunakan accidental sampling sebanyak 40 responden. Uji statistik Spearmen’s Rho Correlation dengan tingkat kemaknaan p < 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan dengan kritia puas 72,5%, tidak puas 27,5% dan kritia kepuasan pasien dengan kritia puas 75,0%, tidak puas 25,0%. Uji statistik dengan Spearmen’s Rho Corelation dihasilkan nilai koefisien korelasi r=-356 dengan nilai signifikasi p=0,24. Hasil ini menunjukan ada hubungan kualitas pelyanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di RSUD Jember Klinik Jember, dimana bila semangkin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan maka semangkin tinggi juga kepuasan pasien, sebaliknya jika semangkin rendah kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan maka kepuasan pasien semangkin buruk. Kepuasan pasien didukung oleh presepsi responden yang dirasakan selama rawat inap di RSUD Jember Klinik Jember. Diharapkan dari penelitian ini pihak Rumah Sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan untuk memberikan kepuasan pasien.