PEMETAAN PEMAHAMAN AWAL PARA PELAKU USAHA FOOD TRUCK DI KAWASAN WISATA KOTA PADANG TENTANG HALAL TOURISM

Main Authors: Ridwan, Muhammad, Fadli, Muhammad, Rani, Larissa Navia
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Putra Indonesia YPTK Padang , 2019
Online Access: http://lppm.upiyptk.ac.id/ojsupi/index.php/EKOBISTEK/article/view/113
http://lppm.upiyptk.ac.id/ojsupi/index.php/EKOBISTEK/article/view/113/122
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memetakan pemahaman awal para pelaku usaha yangbergerak dalam food truck di kawasan wisata kota Padang mengenai konsep wisata halal(halal tourism). Penelitian ini mengunakan metodologi penelitian kuantatif denganpendekatan survei. Metode sampling mengunakan stratifeid random sampling yaitumengambil sampel secara acak porposional dari masing-masing jenis usaha food truckyaitu 30 orang pelaku food truck pada empat kawasan wisata di kota Padang. Indikatorsurvei yang digunakan yaitu sebelas indikator sebagai alat ukur pemahaman mengenaihalal tourism yaitu: (1) ramah keluarga, (2) keamanan, (3) jumlah kunjungan muslim, (4)jaminan kehalalan makanan dan minuman, (5) fasilitas sholat, (6) fasilitas bandara, (7)pilihan akomodasi, (8) kesadaran kebutuhan wisatawan muslim, (9) kemudahankomunikasi, (10) kemudahan visa, dan (11) dukungan pemerintah. Berdasarkan hasilpenelitian diperoleh kesimpulan bahwa mayoritas responden dalam penelitian in telahmemahami konsep wisata halal. Indikator yang paling dominan dipahami oleh respondenadalah kesaradaran kebutuhan wisatawan muslim. Hal ini menunjukkan para pelakuusaha food truck di Kota Padang memiliki pemahaman awal yang baik mengenai konsepwisata halal.Kata kunci: Halal Tourism, Food Truck, Ekonomi Kreatif.