PENGARUH PERILAKU BELAJAR, GAYA MENGAJAR DOSEN, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI
Main Author: | Sari, Immu Puteri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaraekonomi/article/view/686 https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaraekonomi/article/view/686/614 |
Daftar Isi:
- Mahasiswa Program Studi Akuntansi akan menjadi seorang praktisi akuntansi seperti akuntan,auditor, dan staf keuangan yang merupakan suatu profesi yang membutuhkan keahlian serta profesionalisme yang tinggi. Sebagai calon akuntan, mahasiswa akuntansi dituntut harus memiliki pemahaman mengenai ilmu-ilmu akuntansi khususnya pengetahuan-pengetahuan dasar akuntansi.Pemahaman-pemahaman dasar akuntansi akan membantu mahasiswa Program Studi akuntansi untuk memahami ilmu-ilmu akuntansi selanjutnya. Variabel penelitian ini adalah perilaku belajar, gaya mengajar, kecerdasan emosional, dan pemahaman pengantar akuntansi. Hasil penelitian menyatakan bahwa perilaku belajar berpengaruhterhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi. Semakin baik perilaku belajar mahasiswa maka akan semakin baik juga tingkat pemahaman mahasiswa tersebut, gaya mengajar dosen berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi. Semakin baik gaya mengajar dosen maka akan semakin baik juga tingkat pemahaman mahasiswa tersebut, kecerdasan emosional berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi. Mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional yang baik, dapat memotivasi dirinya sendiri untuk terus belajar agar dapat meningkatkan pemahaman tentang akuntansi.