PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2010 – 2014.
Main Authors: | Sari, Immu Puteri, Ayu, Sari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi
, 2020
|
Online Access: |
https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaraekonomi/article/view/1582 https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaraekonomi/article/view/1582/pdf |
Daftar Isi:
- Salah satu tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bukti empiris pada pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dibursa efek indonesia. Ukuran perusahaan dan profitabilitas sebagai variabel independen sedangkan nilai perusahaan sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Metode penelitian sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposif sampling, populasi dalam penelitian ini sebanyak 144 perusahaan sedangkan sampelnya sebanyak 24 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Analisis deskriptif dan Asumsi klasik . Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai (0,104>0,05), sedang kan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai (0,036