ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Pariaman)
Main Author: | MUCHLIAN, MELVI |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1410 https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1410/1238 |
Daftar Isi:
- Siswa sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Kesulitan yang dialami siswa menyebabkan terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Siswa mengaku sudah mengerti dengan materi yang dijelaskan oleh guru, akan tetapi ketika siswa mengerjakan soal sendiri siswa masih banyak melakukan kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukan jenis kesalahan yang dilakukan siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar meliputi: 1) kesalahan konsep merupakan salah satu penyebab kesulitan dalam memahami konsep dasar aljabar. 2) kesalahan prinsip merupakan serangkaian konsep yang dikaitkan sehingga memberikan suatu pengetahuan baru, misalnya menyederhanakan bentuk aljabar. 3) kesalahan algoritma yaitu kesalahan yang terjadi pada langkah-langkah untuk menyelesaikan soal.Kata kunci: Operasi Bentuk Aljabar, Gender, Kesulitan, Kesalahan, Hasil Belajar Matematika.