Quantitative Strategic Planning Matrix Pemasaran Air Minum dalam Kemasan

Main Authors: Wahyuni, Nuraida, Kamsin, Daenulhay, Febianti, Evi, Bimantara, Gusti Imam
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Teknik Industri, Universitas Sebelas Maret , 2020
Subjects:
AHP
Online Access: https://jurnal.uns.ac.id/performa/article/view/40996
https://jurnal.uns.ac.id/performa/article/view/40996/28261
Daftar Isi:
  • Besarnya permintaan air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia, mendorong produksi air minum dalam kemasan yang beraneka ragam. Selain merek yang sudah terbiasa ditemui oleh masyarakat, di beberapa daerah mempunyai produk air minum dalam kemasan sendiri, seperti produk air minum Baros, yang terdapat di Serang, Banten. Agar dapat bersaing dengan para kompetitor, produk Baros harus menetapkan suatu strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan strategi pemasaran yang efektif. Untuk menentukan strategi mana yang dipilih, penulis menggunakan QSPM dan AHP. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari kombinasi 6 kesempatan, 6 ancaman, 10 kekuatan dan 5 kelemahan, didapatkan 5 strategi taktis. Hasil dari QSPM dan AHP menyatakan strategi kedua yaitu meningkatkan akses penjualan melalui media sosial yang paling efektif dilakukan sebagai prioritas.