PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI PEPSODENT PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PADANGSIDIMPUAN

Main Authors: Siregar, Budi Gautama; IAIN Padangsidimpuan, Nasution, Hamni Fadlilah; IAIN Padangsidimpuan, Aisyah, Siti; IAIN Padangsidimpuan
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri Padngsidimpuan , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Al-masharif/article/view/1438
http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Al-masharif/article/view/1438/1171
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 92 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi untuk kelengkapan data pada penelitian ini. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 22. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,727 artinya korelasi antara variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian terjadi hubungan yang kuat. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,507 atau 50,7 % menunjukkan variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk mempengaruhi keputusan pembelian dan sisanya 49,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai thitung>ttabel(5,111 > 1,663). Variabel harga ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (1,670 > 1,663). Variabel promosi ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (1,755 > 1,663). Variabel atribut produk ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (4,552 > 1,663). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan.