ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) AYIA 240 ML MENGGUNAKAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
Main Authors: | Jauhari, Gamindra, Lubis, Rizki Naziah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ojs.sttind.ac.id/sttind_ojs/index.php/Sain/article/view/227 http://ojs.sttind.ac.id/sttind_ojs/index.php/Sain/article/view/227/pdf |
Daftar Isi:
- Terjadinya persaingan yang semakin ketat pada industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terutama produk lokal, membuat pelanggan lebih selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. PT. Gunung Naga Mas adalah perusahaan milik swasta yang memproduksi AMDK merek AYIA, menjadikan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utamanya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauhmana tingkat kepuasan pelanggan terhadap AMDK merek Ayia 240 ml dan mengetahui urutan tingkatan prioritas karakteristik secara teknik untuk meningkatkan kualitas AMDK merek Ayia 240 ml. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan adalah 3,4 (puas), sedangkan urutan tingkatan prioritas karakteristik teknik adalah sanitasi dan cleaning (18,4%), Statistical Process Control (SPC) (18,4%), penyebaran agen secara merata (17,8%), pemilihan bahan baku (15,2%), penelitian dan pengembangan (11,85%), hygiene (6,14%), Hazard Analysis Critical Crisis Point (HACCP) (6,14%), dan terakhir promosi (5,95%). Diharapkan PT. Gunung Naga Mas melakukan perbaikan dan evaluasi terhadap kualitas produk karena masih adanya kesenjangan (gap) dari penilaian konsumen, meskipun perusahaan telah melakukan perbaikan secara keseluruhan yaitu sebesar 53,8 %.