UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP N 1 SASAK RANAH PASISIE

Main Author: Fitria, Yeni
Other Authors: stkip
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: STKIP Pesisir Selatan , 2017
Online Access: https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/jmp/article/view/138
https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/jmp/article/view/138/84
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas X.1SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie dalam mata pelajaran Matematikaditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika Menghitung keliling dan luas lingkaran melalui Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) di Kelas VIII.1 SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 22 orang peserta didik Kelas VIII.1 SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika Menghitung keliling dan luas lingkaran di SMP N 1 Sasak Ranah Pasisie . Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 52.45(Cukup) meningkat menjadi 85.23 (Baik) dengan peningkatan sebesar 32.77%.