تطبيق التعلم التعاوني في تنمية مهارة القراءة

Main Author: Mang, Bat
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro , 2017
Online Access: http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/an-nabighoh/article/view/296
http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/an-nabighoh/article/view/296/154
Daftar Isi:
  • Penelitian eksprimen ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas strategi pembelajaran kooperatif pada mahasiswa semester IV Prodi PBA IAIN Sulthan Qaimuddin Kendari dan perbandingannya dengan metode tradisional dalam pembelajaran. Para ahli serta beberapa hasil penelitian menjelaskan bahwa ada pengaruh positif pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kemampuan membaca mahasiswa. Sampel penelitian di pilih secara tandom dari 78 mahasiswa semester IV Prodi PBA. Peneliti mendesain instrumen untuk mengumpulkan data dan melakukan pengukuran. Dari hasil analisis terdapat perbedaan mendasar kemampuan membaca antara metodi tradisional dan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini memberikan beberapa kesimpulan dan saran bahwa strategi pembelajaran kooperatif  merupakan strategi efektif dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan demikian agar diadakan workshop-workshop bagi guru bahasa Arab untuk melatih mereka menggunakan strategi ini. Terkait dengan kurikulum bahasa Arab agar dimasukan kegiatan kelas  yang memungkinkan mahasiswa dapat berinteraksi  satu sama lain dan memperoleh berbagai keterampilan bahasa Arab. Kata kunci: Efektifitas, Stratege dan Pembelajaran Kooperatif