Peran dan Fungsi Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Efektif di Lingkungan Sekolah Dasar
Main Author: | Riyatuljannah, Triwahyu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/6686 http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/6686/4544 http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/downloadSuppFile/6686/960 |
Daftar Isi:
- Kepemimpinan pendidikan adalah pengatur dan pengarah apa yang akan dituju dalam sebuah organisasi dalam meningkatkan kinerja sebagai faktor keberhasilan dan kontinuitas. Pemimpin mengupayakan peningkatan mutu SDM secara produktif sehingga dalam proses bimbingan belajar supaya bisa melahirkan sekolah yang memiliki mutu tinggi dan efektif. Peran dan fungsi kepemimpinan pendidikan dan pengembangan mutu SDM untuk mewujudkan sekolah efektif diuraikan dalam komponen penting. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui: 1) Komponen madrasah/sekolah sebagai sebuah sistem. 2) Karakteristik dan komponen mutu MI/SD dalam perspektif sekolah efektif. 3) Dimensi kepemimpinan pendidik pada sekolah/madrasah efektif. 4) Relevansi kepemimpinan pendidikan dan pengembangan SDM dengan sekolah efektif. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan penekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, dokumentasi dan wawancara mendalam. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah. Validitas data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data menggunakan analisis interaktif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Condongcatur 1 Yogyakarta merupakan sekolah yang efektif serta pengembangan mutu sumber daya yang merata. Simpulannya adalah kepemimpinan kepala sekolah merupakan indikator utama dalam mewujudkan sekolah efektif.