PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG LIMIT FUNGSI DI KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Main Author: | Rochmulyati, Fetty |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/692 http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/692/536 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika tentang Limit Fungsi. Oleh karena itu seorang pendidik perlu mempertimbangkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika tentang Limit Fungsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2014-2015, (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang Limit Fungsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2014-2015, (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang Limit Fungsi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2014-2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester 2 tahun pelajaran 2014-2015. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 53,4 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menjadi 70,4 pada siklus 1 dan 76,9 pada siklus 2