PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Main Author: Sudarti, Ida Sri; Sekolah Dasar Negeri Kebon Pedes 1 Kota Bogor
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/2856
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hal-hal ketidakpuasan yang dirasakan oleh guru tentang proses pembelajaran yang terjadi di kelas VI B SDN Kebon Pedes 1, yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang menghitung volume kubus dan balok. Oleh karena itu guru harus mempertimbangkan model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar para peserta didiknya. Salah satu model pembelajaran yang dicoba melalui penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana terjadi nya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi menghitung volume kubus dan balok di kelas VI B SDN Kebon Pedes 1 Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI B SDN Kebon Pedes 1. Hal ini terlihat dari peningkatan presentase ketuntasan belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD). Pada saat prasiklus ketuntasan belajar sebesar 30,77% . Pada saat pembelajaran dirubah dengan menerapkan Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) maka nilai peserta didik pada siklus 1 meningkat menjadi 69,23% dan pada siklus 2 mencapai 100% Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division ( STAD ) yang digunakan guru dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena itu peneliti menyarankan agar penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division ( STAD ) disosialisasikan dan digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah-sekolah lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.