PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE JIGSAW
Main Authors: | Asriani, Asriani; Universitas Tadulako, Tellu, Andi Tanra; Universitas Tadulako, Suherman, Suherman; Universitas Tadulako |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/2839 http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/2839/1701 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan antara prestasi belajar kooperatif kelas NHT dan kelas pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPA dan pelajaran ruang di kelas V SDN Tondo. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode quasi experimen dan pengambilan sampel jenuh, artinya total sampel sama dengan penelitian populasi yang memiliki 2 kelas. Analisis data menggunakan uji-t dan N-gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa t-hitung = 1,59 dan t-tabel = 2,01. Oleh karena itu, hitung <t-tabel. Berdasarkan uji statistik, dapat disimpulkan tidak ada perbedaan antara prestasi belajar kelas jigsaw dan kelas NHT. Hasil lainnya adalah N-gain yang ditampilkan rata-rata 0,44 untuk kelas jigsaw dan kelas NHT 0,38