PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE JIGSAW

Main Authors: Asriani, Asriani; Universitas Tadulako, Tellu, Andi Tanra; Universitas Tadulako, Suherman, Suherman; Universitas Tadulako
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/2839
http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/2839/1701
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan antara prestasi belajar kooperatif kelas NHT dan kelas pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPA dan pelajaran ruang di kelas V SDN Tondo. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode quasi experimen dan pengambilan sampel jenuh, artinya total sampel sama dengan penelitian populasi yang memiliki 2 kelas. Analisis data menggunakan uji-t dan N-gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa t-hitung = 1,59 dan t-tabel = 2,01. Oleh karena itu, hitung <t-tabel. Berdasarkan uji statistik, dapat disimpulkan tidak ada perbedaan antara prestasi belajar kelas jigsaw dan kelas NHT. Hasil lainnya adalah N-gain yang ditampilkan rata-rata 0,44 untuk kelas jigsaw dan kelas NHT 0,38