UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM REMEDIAL

Main Author: Nini, N
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang , 2020
Subjects:
Online Access: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/548
https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/548/pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya guru PAI di SMKN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui langkah-langkah program remedial berikut: mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik, menganalisis hasil diagnosis kesulitan belajar peserta didik, menemukan penyebab kesulitan belajar peserta didik, menyusun rencana, melaksanakan, dan menilai kegiatan remedial. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Sumber data penelitian meliputi guru PAI, Kepala dan Wakil Kepala sekolah. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: pertama, upaya guru PAI meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada tahap mengidentifikasi kesulitan belajar adalah memberikan perhatian khusus kepada peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM yaitu 80. Kedua, upaya guru PAI meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada tahap mendiagnosis kesulitan belajar adalah memberikan kesempatan untuk memperbaiki hasil belajar sehingga dapat mencapai KKM yaitu 80. Ketiga, upaya guru PAI meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada tahap menemukan kesulitan belajar dilakukan dengan cara membantu peserta didik untuk keluar dari kesulitan belajar yang dihadapi. Keempat, pada tahap merencanakan program remedial upaya guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan melibatkan mereka dalam penentuan jadwal dan tempat pelaksanaan remedial. Kelima, pada tahap melaksanakan remedial upaya guru PAI memotivasi peserta didik kurang terlihat karena model pelaksanaannya persis seperti model pembelajaran biasa. Keenam, pada tahap penilaian remedial, upaya guru PAI meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan cara memberikan sugesti bahwa mereka harus mencapai KKM yaitu 80.