Pola Pembinan Guru PAI Profesional

Main Author: Roza, Alisa
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang , 2018
Online Access: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/299
https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/299/186
ctrlnum article-299
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pola Pembinan Guru PAI Profesional</title><creator>Roza, Alisa</creator><description lang="en-US">Pendidikan yang baik idealnya berubah pola pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman. Keadaan di masyarakat tentu berbeda-beda sesuai dengan tahunnya. Jika pola pendidikan tidak mengikuti fenomena yang terjadi sekarang, maka hasil yang dicapai peserta didik tidak akan dapat memenuhi apa yang diharapkan dalam kehidupan nyata.Dalam upaya peningkatan kompetensi guru, tentu saja banyak hal yang harus dilakukan, Fakultas Tarbiyah sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) bertanggung jawab untuk mempersiapkan tenaga kependidikan yang bermutu, oleh sebab itu dituntut pembinaan, pelatihan, agar kompetensi profesionalisme yang dimiliki oleh guru bisa semakin berkembang dan meningkat. Karena pendidikan tidak hanya mengajarkan atau mentransformasikan ilmu dan keterampialn serta kepekaan rasa (budaya) atau agama (bagi mereka yang mengambil mata pelajaran agama sebagai bidang studinya), tetapi seyogianya memberi perlengkapan kepada anak didik untuk mampu memecahkan persoalan-persoalan yang sudah tampak sekarang maupun yang baru akan tampak jelas pada masa mendatang yang dipandang sebagai kewajiban, baik sebagai profesional yang terikat kepada kode etik profesinya (dengan tetap memiliki keterikatan batin dengan Allah Penciptanya), maupun sebagai kewajiban kemanusiaan yang berguna bagi lingkungannya. Dengan kata lain, pendidik Islam harus berorientasi ke masa yang akan datang (futuristik) karena sesungguhnya &#x201C;anak didik&#x201D; masa kini adalah &#x201C;bangsa&#x201D; yang akan datang. Bandingkan dengan hadis yang berbunyi: &#x201C;Didiklah anak-anak kamu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zaman mereka sendiri&#x201D;. Dengan demikian guru profesional dalam pendidikan Islam hendaknya dapat membina ketaqwaan peserta didik, mempertinggi kecerdasan , memajukan ilmu pengetahuan serta dapat meningkatkan kualitas hidup peserta didiknya dan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh guru profesional.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-04-21</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/299</identifier><identifier>10.15548/mrb.v1i1.299</identifier><source lang="en-US">Murabby: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 1, No 1 (2018): Murabby Vol. 1 No. 1 April 2018; 71-82</source><source>2622-4712</source><source>2615-2061</source><language>eng</language><relation>https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/299/186</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 Murabby: Jurnal Pendidikan Islam</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-299</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Roza, Alisa
title Pola Pembinan Guru PAI Profesional
publisher Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
publishDate 2018
url https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/299
https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/299/186
contents Pendidikan yang baik idealnya berubah pola pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman. Keadaan di masyarakat tentu berbeda-beda sesuai dengan tahunnya. Jika pola pendidikan tidak mengikuti fenomena yang terjadi sekarang, maka hasil yang dicapai peserta didik tidak akan dapat memenuhi apa yang diharapkan dalam kehidupan nyata.Dalam upaya peningkatan kompetensi guru, tentu saja banyak hal yang harus dilakukan, Fakultas Tarbiyah sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) bertanggung jawab untuk mempersiapkan tenaga kependidikan yang bermutu, oleh sebab itu dituntut pembinaan, pelatihan, agar kompetensi profesionalisme yang dimiliki oleh guru bisa semakin berkembang dan meningkat. Karena pendidikan tidak hanya mengajarkan atau mentransformasikan ilmu dan keterampialn serta kepekaan rasa (budaya) atau agama (bagi mereka yang mengambil mata pelajaran agama sebagai bidang studinya), tetapi seyogianya memberi perlengkapan kepada anak didik untuk mampu memecahkan persoalan-persoalan yang sudah tampak sekarang maupun yang baru akan tampak jelas pada masa mendatang yang dipandang sebagai kewajiban, baik sebagai profesional yang terikat kepada kode etik profesinya (dengan tetap memiliki keterikatan batin dengan Allah Penciptanya), maupun sebagai kewajiban kemanusiaan yang berguna bagi lingkungannya. Dengan kata lain, pendidik Islam harus berorientasi ke masa yang akan datang (futuristik) karena sesungguhnya “anak didik” masa kini adalah “bangsa” yang akan datang. Bandingkan dengan hadis yang berbunyi: “Didiklah anak-anak kamu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zaman mereka sendiri”. Dengan demikian guru profesional dalam pendidikan Islam hendaknya dapat membina ketaqwaan peserta didik, mempertinggi kecerdasan , memajukan ilmu pengetahuan serta dapat meningkatkan kualitas hidup peserta didiknya dan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh guru profesional.
id IOS7687.article-299
institution Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1263
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Program Studi Pendidikan Agama Islam
library_id 2697
collection Murabby Jurnal Pendidikan Islam
repository_id 7687
city Padang
province SUMATERA BARAT
repoId IOS7687
first_indexed 2020-01-16T03:37:42Z
last_indexed 2020-01-16T03:37:42Z
recordtype dc
_version_ 1686560666512523264
score 17.538404