PENGARUH LATIHAN SMALL-SIDED GAMES TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK PASSING BERMAIN FUTSAL SISWA SMP NEGERI 23 MAKASSAR
Main Authors: | Suhardianto, Suhardianto, Janwar, Muhammad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Mega Rezky Makassar
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.stkipmegarezky.ac.id/index.php/Penjaskesrek/article/view/95 http://ejournal.stkipmegarezky.ac.id/index.php/Penjaskesrek/article/view/95/67 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan small-Sidedd games 2 vs 2 terhadap keterampilan teknik passing bermain futsal siswa SMP Negari 23 Makassar, (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan small-Sidedd games 4 vs 4 terhadap keterampilan teknik passing bermain futsal siswa SMP Negari 23 Makassar, (3) untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh latihan small-Sidedd games 2 vs 2 dan small-Sidedd games 4 vs 4 terhadap keterampilan teknik passing bermain futsal siswa siswa SMP Negari 23 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian eskperimen yang menggunakan rancangan penelitian Randomized Pretest, Posttest Three Group Control Design. Populasinya adalah siswa peserta esktrakurikuler SMP Negeri 23 Makassar putra sebanyak 30 orang. Selanjutnya dibagi menjadi tiga kelompok dengan teknik matching ordinal yaitu kelompok latian small-Sidedd games 2 vs 2, latihan small-Sidedd games 4 vs 4, dan kelompok kontrol. Setiap kelompok eskperimen terdiri dari 10 siswa. Teknik penentuan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan latihan small-sided games 2 vs 2 terhadap keterampilan teknik passing bermain futsal siswa SMPN 23 Makassar, terbukti dengan nilai thitung = 11,00 dengan tingkat signifikan (0,000) < 0,05. Ada pengaruh yang signifikan latihan small-sided games 4 vs 4 terhadap keterampilan teknik passing bermain futsal siswa SMPN 23 Makassar, terbukti dengan nilai thitung= 7,965 dengan tingkat signifikan (0,000) < 0,05. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan small-sided games 2 vs 2 dan small-sided games 4 vs 4 terhadap keterampilan teknik passing bermain futsal siswa SMPN 23 Makassar, terbukti dengan nilai thitung= 2,121 lebih besar dari nilai ttabel 2,100 dengan tingkat signifikan (0,048) < 0,05.