UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 010162 SUKAMAJU KAB. BATU BARA T.A 2016/2017
Main Author: | Siregar, Fajar Sidik |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Document Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Mega Rezky Makassar
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.stkipmegarezky.ac.id/index.php/Penjaskesrek/article/view/69 http://ejournal.stkipmegarezky.ac.id/index.php/Penjaskesrek/article/view/69/48 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Lari Sprint 100 M Dengan Menggunakan Pendekatan bermain Pada Siswa Kelas VI SD negeri 010162 sukamaju kab.Batubara tahun ajaran 2016/2017. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2017.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan Pendekatan bermainyang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar Lari Sprint 100 M sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Tes hasil belajar sebelum menggunakan Pendekatan bermain(pre test) diperoleh 4 siswa (13,33%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, 26 siswa (86,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 47,78. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan Pendekatan bermain(2) dari tes hasil belajar menggunakan Pendekatan bermainI diperoleh 20 siswa (66,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, 10 siswa (33,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 64,45. Kemudian dilakukan kembali Pendekatan bermain(3) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh 28 siswa (93,33%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, 2 siswa (6,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 85,54. Dalam hal ini dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 20,09 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 26,66%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Pendekatan bermaindapat meningkatkan hasil belajar Lari Sprint 100 M Pada Siswa Kelas VI SD negeri 010162 sukamaju kab.Batubara tahun ajaran 2016/2017.