PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI MURID PUTRI SDN KOMPLEKS IKIP 1 MAKASSAR MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DAN VISUALISASI

Main Author: ., Ferawati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Mega Rezky Makassar , 2015
Subjects:
Online Access: http://ejournal.stkipmegarezky.ac.id/index.php/Penjaskesrek/article/view/3
http://ejournal.stkipmegarezky.ac.id/index.php/Penjaskesrek/article/view/3/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui pengaruh pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar senam lantai: (ii) untuk mengetahui pengaruh pendekatan visualisasi terhadap hasil belajar senam lantai; (iii) untuk mengetahui perbandingan hasil belajar senam lantai antara melalui pendekatan inkuiri dan visualisasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain “posttest only control group design”. Pengumpulan data berupa tes keterampilan gerak senam lantai pada 45 orang sampel murid putri yang dibagi dengan teknik purposive random sampling ke dalam kelompok inkuiri, kelompok visualisasi, dan kelompok kontrol. Teknik analisis data dengan analisis varian satu jalur pada taraf signifikansi α 0.05, dilanjutkan dengan Uji Tukey.Berdasarkan uji hipotesis dengan anava menunjukkan nilai F-empirik 80.54 (p<0.05) berarti ada perbedaan secara signifikan pada hasil belajar senam lantai antara ketiga kelompok baik inkuiri, visualisasi, maupun kontrol. Dari hasil Uji Lanjut (Tukey Test) menunjukkan tingkatan nilai rata-rata diantara ketiga kelompok yang paling tinggi mulai dari kelompok visualisasi (94.46), kelompok inkuiri (83.93), dan kelompok kontrol (69.33). Sehingga dapat dikatakan bahwa pendekatan visualisasi lebih baik dibanding pendekatan inkuiri dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar senam lantai.