PENGARUH LATIHAN SMALL-SIDED GAMES TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK PASSING-STOPPING BERMAIN FUTSAL SISWA SMP KARTIKA XX_2 WIRABUANA MAKASSAR
Main Author: | Janwar, Muhammad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Mega Rezky Makassar
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.stkipmegarezky.ac.id/index.php/Penjaskesrek/article/view/2 http://ejournal.stkipmegarezky.ac.id/index.php/Penjaskesrek/article/view/2/2 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan small-sided games 2 vs 2 terhadap keterampilan teknik passing-stopping bermain futsal siswa SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar, (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan small-sided games 4 vs 4 terhadap keterampilan teknik passing-stopping bermain futsal siswa SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar, (3) untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh latihan small-sided games 2 vs 2 dan latihan small-sided games 4 vs 4 terhadap keterampilan teknik passing-stopping bermain futsal siswa SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar.Penelitian ini adalah jenis penelitian eskperimen yang menggunakan rancangan penelitian Randomized Pretest, Posttest Three Group Control Design. Populasinya adalah siswa peserta esktrakurikuler SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar putra sebanyak 80 orang. Selanjutnya dibagi menjadi tiga kelompok sampel yaitu kelompok latihan small-sided games 2 vs 2, kelompok latihan small-sided games 4 vs 4, dan kelompok kontrol. Setiap kelompok eskperimen terdiri dari 15 orang siswa. Teknik penentuan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan uji-t pada taraf signifikan 5%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan latihan small-sided games 2 vs 2 terhadap keterampilan teknik passing-stopping bermain futsal siswa SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar, terbukti dengan nilai thitung = 10,330 dengan tingkat signifikan (0,000) < 0,05. Ada pengaruh yang signifikan latihan small-sided games 4 vs 4 terhadap keterampilan teknik passing-stopping bermain futsal siswa SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar, terbukti dengan nilai thitung= 8,411 dengan tingkat signifikan (0,000) < 0,05. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan small-sided games 2 vs 2 dan small-sided games 4 vs 4 terhadap keterampilan teknik passing-stopping bermain futsal siswa SMP Kartika XX_2 Wirabuana Makassar, terbukti dengan nilai thitung= 3.035 lebih besar dari nilai ttabel 2,048 dengan tingkat signifikan (0,005) < 0,05.